Menu Close

Percaya Diri Dan Miliki Kompetensi Untuk Berkarya Di Pelbagai Belahan Dunia

Ia juga membuka usaha kuliner Geprek Miss Dian, yang dikelola oleh dua orang difabel. Hadirnya pelatihan ini bertujuan untuk memandirikan tunanetra untuk dapat berkarya, melalui berbagai macam pelatihan seperti, memasak, pijat urut, kerajinan tangan, dan lainnya. Sehingga mereka dapat menciptakan karya yang memiliki daya jual untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pria berusia 62 tahun ini mengaku tetap produktif dalam berkarya dengan menegakkan protokol kesehatan. Menurut dia, lebih banyak di dalam rumah bukan alasan untuk tidak berkarya. Lulu juga berpesan agar kita semua selalu menjaga kesehatan selama pandemi.

Pimpinan menginginkan bawahan bisa memperlakukan klien dengan sangat baik, bisa menyelesaikan projek dengan nol kesalahan alias sempurna, bisa mencapai goal yang sudah ditentukan setiap bulannya. Bawahan tak bisa seenaknya, kalau ingin kehidupan karir di perusahaan aman dan selamat. Tugas ataupun tanggungjawab bukan hal yang tabu untuk para pekerja. Karena itu memang konsekuensi logis dari sebuah pekerjaan baik yang bekerja sebagai dosen, pegawai/karyawan perusahaan swasta, negeri, atau lembaga tertentu. Setiap harinya, tugas-tugas itu mengejar dan meminta untuk segera diselesaikan.

Lulus dengan nilai terbaik tidak akan ada gunanya saat kamu sendiri tidak tahu apa tujuan hidupmu setelahnya. Melalui proses melamar dan seleksi yang panjang, kamu harusnya tahu bahwa hidupmu tidak akan selesai jika sudah bekerja dan menerima gaji. Kamu akan semakin dituntut untuk berpikir dan mengembangkan tujuan karirmu. Banyak orang berpikir bahwa berkarya itu sebatas hanya seperti seniman yang menghasilkan lukisan, seperti pujangga yang menghasilkan puisi, atau musisi yang menghasilkan lagu.

Misalnya, hanya dibatasi pada hal-hal yang umum dan yang patut dibantu saja. Sebagai millennials, kita memiliki keunggulan 3C, yaitu linked, yakni mampu untuk berhubungan dengan social media dan orang lain, confidence, yakni memiliki kepercayaan diri dan artistic. Hal ini adalah hal yang perlu dimanfaatkan dan dimaksimalkan untuk bekerja dan berkarya. Kak Nicky juga menyampaikan bahwa kita butuh untuk mencari “Ikigai” kita. Ikigai merupakan salah satu konsep dari Jepang yang tidak hanya berbicara mengenai passion, tetapi juga mission dan vocation. Bagaimana kita tidak hanya menemukan apa hal yang kita sukai, tetapi kita juga harus mampu melakukannya dengan baik, serta dapat menghasilkan dan menjadi kebutuhan yang dicari orang lain.

Bekarya di dalam pekerjaan

Setelah office hour saya masih sempat mengajar, mengisi seminar motivasi juga kegiatan sosial seputar literasi dan budaya. Selain aturan penggunaan media sosial, hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan/instansi adalah membangun consciousness sehingga aturan tersebut dapat dipatuhi oleh para pegawai. Awareness tersebut dapat dibangun dengan aktif mengunggah kegiatan positif perusahaan melalui berbagai unit/bagian/cabang/divisi sehingga para pegawai juga tergerak untuk selalu mengunggah kegiatan yang positif.