Menu Close

Ketahui Four Strategi Jitu Pertahankan Bisnis Di Masa Pandemi

Di situlah pentingnya para pelaku bisnis perlu adaptasi berjualan online untuk menjangkau konsumen. Kehadiran transportasi udara berperan besar dalam menunjang pergerakan logistik maupun perjalanan masyarakat yang harus terbang karena memiliki kebutuhan prioritas di masa pandemi. Diperlukan sinergi yang kuat antara pelaku usaha UMKM terutama didaerah atau yang masih menggunakan cara-cara konvensional dan mahasiswa yang melek teknologi informasi juga dapat menjadi pengembang aplikasi. Pelaku dalam pengembangan aplikasi ini memang masih terbatas dalam beberapa tahun lalu. Akan tetapi saat ini sudah menjadi salah satu pekerjaan yang cukup penting. Oleh karena itu pengusaha termasuk UMKM berupaya untuk menyediakan aplikasi digital terkait produk yang dipasarkannya.

Bantuan pemerintah tersebut tentu akan sangat membantu kamu untuk menjaga kondisi keuangan yang mengalami gangguan cukup signifikan. Pada masa-masa sulit seperti ini, Bagus menuturkan bahwa pengusaha bisa berkolaborasi dengan memanfaatkan pasar yang tersedia. Seperti diketahui bersama, bersepeda sedang menjadi tren olahraga masyarakat. DW Coffee Shop pun memanfaatkan tren tersebut dengan menjalin kerjasama pada komunitas Wolvy Cycle, dimana setiap bulannya melaksanakan kegiatan bersepeda dengan titik awal dan akhir bersepeda di DW Coffee Shop. Selain itu, coffee store ini juga berkolaborasi dengan Indonesia Sneaker Team mengadakan occasion buka lapak dan event repository yang bertempat di DW Coffee Shop. Kejadian seperti itu bisa dihindari jika perusahaan kita memiliki pengelolaan risiko yang baik.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Bahkan Infomedia baru saja memperoleh penghargaan internasional di ajang Global Top Ranking Performers Award 2020, serta inovasi teknologi terbaik dalam ajang BUMN Award. Perusahaan harus segera mengenali perubahan ini dengan cepat, jika tidak mau birokrasi memperlambat kemampuan mereka mengubah strategi dan operasional. Kita sudah sering melihat perusahaan berskala besar terlambat menerapkan strategi baru, yang membuat produk mereka tidak relevan lagi dengan kebutuhan konsumen. Situasi usaha yang pasang surut mengharuskan Anda untuk semakin erat berkomunikasi dengan seluruh karyawan. Namun patut Anda lakukan yaitu menggunakan bahasa yang jelas dan sederhana agar seluruh pihak yang terlibat dapat mengerti situasi dan kondisi yang Anda maksud. Dengan begitu seluruh karyawan akan dapat mengerti, menyesuaikan diri dan memberikan dukungan secara penuh untuk menghadapi situasi bisnis di masa pandemi.

Selain itu juga membantu melakukan penyesuaian produksi mereka dengan tujuan mengurangi dampak kenaikan biaya dari mahalnya bahan baku, misalnya tetap produksi tapi porsi bahan bakunya dikurangi”, jelasnya. Pertama Anda harus memahami dulu siapa konsumen dan pelanggan Anda, demografi dan kondisi lainnya. Hal ini agar Anda bisa membuat konten webinar yang relevan dengan mereka. Ketika Anda membuka program afiliasi ini, biasanya para content material creator, blogger, atau Youtuber akan membantu promosi produk Anda, semakin banyak mereka mengarahkan orang untuk membeli produk Anda, maka semakin menguntungkan bagi mereka juga. Sehingga hal yang pertama anda perlu mengecek keuangan yang saat ini anda pegang. Jika anda ingin membuat bisnis on-line maka anda perlu mengeluarkan biaya untuk membuat web site.

Mulai dari menu, kemasan, hingga pelayanan yang diberikan, kamu harus selalu siap dengan segala kemungkinan yang ada di depan mata. Sebagai langkah awal, yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha dalam memulai bisnis dengan modal minim adalah menentukan goal pasar yang hendak disasar. Setelah terbentuk, bisa diciptakan solusi dan permasalah yang dimiliki untuk target pasar tersebut. Agar bisa ciptakan produk dan jasa yang sesuai atau yang ingin dipecahkan oleh bisnis yang dirintis.

Dengan teknik editing sederhana, konten yang anda buat bisa indah dilihat. Pesan bisnis untuk brandingkamu adalah keseluruhan ide atau pemikiran yang ingin Sobat komunikasikan. Konsistensi di semua platform digital bisa membangun kepercayaan pelanggan, jadi mulailah dengan membangun pesan yang konsisten ke dalam pemasaran digital kamu dengan produk yang mudah dikenali, unik, dan menawan. Misalnya jualan bakso, promosikan dengan kemasan yang berbeda dari yang sudah ada. Infokan apa keunggulan produk kamu, tanpa harus menghina atau menjelek-jelekkan produk yang sudah ada. Bagi pebisnis pemula atau profesional, bisnis tentunya tetap harus berjalan dengan efektif agar bisa bertahan, apalagi masa social distancing ini bisa menjadi kesempatan untuk mengoptimalkan strategi bisnis.

GrabFood dan GoFood mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Tak hanya melayani jasa antar makanan, keduanya juga memungkinkan penjual untuk mempromosikan produk dengan cara membuat promo-promo tertentu. Misalnya saja, untuk produknya, Asmui menawarkan promo “Sabtu-Minggu pesan apapun hanya bayar seribu rupiah” untuk pelanggannya.

Dengan demikian, konsumen akan merasa tenang dan aman saat menggunakan produk Anda. Namun jangan khawatir, untuk meminimalisir kerugian akibat dari dampak pandemi Covid-19, berikut merupakan beberapa ideas bisnis yang bisa Anda pertimbangkan. Di tengah masa pandemi ini, orang-orang lebih banyak memilih untuk berhemat dan menjaga kehigienisan dengan cara berbelanja makanan dan memasak sendiri di rumah.

BNC juga mengembangkan teknologi dan digital safety yang menjadi kunci untuk memastikan keamanan dan kenyamanan nasabah melalui kerjasama dengan perusahaan teknologi international, yaitu Huawei, Tencent Cloud, dan Sunline. Perbankan digital kian semarak seiring dengan ramainya akuisisi bank-bank kecil oleh perusahaan teknologi, e-commerce, konglomerasi usaha, hingga financial institution umum kelompok usaha IV bermodal inti lebih dari Rp 30 triliun. Pada 2019 menggelontorkan dana Rp 988 miliar untuk mengakuisisi saham PT Bank Royal Indonesia yang kemudian diubah menjadi PT BCA Digital. Secara terus menerus melakukan sosialisasi penggunaan pelatihan secara Online melalui media ZOOM assembly, whatsapps group, Google Meet atau sarana lainnya yang mudah untuk di akses oleh UMKM yang masih tertinggal dalam pengguasaan teknologi. Dengan kegiatan secara rutin yang di dukung Instansi terkait akan mampu menciptakan para pengusaha baru dan akan menyerap tenaga kerja secara signifikan terutama dari Mahasiswa yang sudah melek akan teknologi.