Menu Close

Ini Three Strategi Agar Bisnis Bisa Bertahan Di Masa Pandemi Covid

Selama masa pandemi ini, Anda wajib mencari cara untuk tetap memasarkan produk tanpa melanggar aturan yang sudah dibuat pemerintah daerah setempat. Misalnya, dengan fokus menjual secara on-line, dan memberikan fasilitas delivery order. Menghemat jam operasi yang akan berkaitan dengan upah karyawan sehingga perlu dibicarakan dengan baik, mengakses program pemerintah yang dapat membantu mengurangi beban biaya misalnya cicilan pinjaman, listrik, pajak, dll. Munculnya wabah COVID-19 mau tak mau mengubah pola interaksi suatu usaha dengan pelanggan. Masyarakat yang lebih banyak tinggal di rumah membuat banyak bisnis merasakan penurunan penjualan, bahkan kehilangan pelanggan.

Manfaatkan waktu untuk belajar dan membenahi usaha contohnya perbaikan logo, sistem keuangan, salinitas, SOP, dll. Apalagi saat ini instagram menyediakan fitur stiker “Support Small Business” yang bisa Smart Bakers manfaatkan untuk meningkatkan visibilitas bisnis Smart Bakers di Instagram. Fitur stiker ini memang diperuntukkan bagi para pemilik bisnis kecil dan menengah yang kini tengah berjuang untuk bertahan di tengah pandemi. Smart Bakers dan orang lain dapat memanfaatkan stiker ini untuk me-mention akun bisnis yang dipromosikan melalui story.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pandemi Covid 19 telah memberikan dampak yang cukup berarti terhadap sektor perhotelan. Turunnya pengunjung hotel ini justru berimbas pada tingkat investasi sebuah hotel. Jika lodge minim pengunjung bukan tidak mungkin para investor akan kabur dan memilih berinvestasi di tempat lain. Sehingga diperlukan beberapa upaya untuk mengantisipasi masalah tersebut. Pihak resort harus bisa memberikan kenyamanan dan kemamanan bagi pengunjung hotel.

Jika kamu belum mencoba berjualan di market, kamu bisa adaptasi dulu program promo mereka. Intinya buat jadwal promo yang menarik, misal promo gajian, promo tanggal tua atau sesuai dengan jadwal yang kamu tentukan sendiri. Promonya pun biasanya beragam, mulai dari potongan ongkir, voucher pembelian berikutnya atau bonus produk. Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan pandemi Covid-19 turut berandil besar dalam perkembangan ekonomi kreatif nasional, khususnya e-commerce. Berdasarkan knowledge Focus Economy Outlook 2020, ekonomi kreatif justru menyumbang sebesar Rp1.100 triliun terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia sepanjang 2020.

Kita bisa menghasilkan pundi pundi meski tidak memproduksi barang sendiri, seperti dengan menjadi reseller dan dropshipper,” ungkap Mila sebagai motivasi bagi para pelaku usaha untuk menjalankan bisnis secara online. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku usaha ekonomi kreatif untuk berinovasi dengan membuat konten kreatif pada platform digital guna memasarkan produknya. Di tengah pandemi Covid-19, Pertamina melalui PPUMK terus mendukung keberlangsungan pelaku usaha mikro dan usaha kecil diantaranya melalui pelatihan, pendampingan, dan keikutsertaan di kegiatan on-line yang diadakan perusahaan. Yasa bercerita bahwa bisnis yang sudah dijalankannya sejak semester pertama sewaktu kuliah ini juga terkena dampak dari pandemi yang saat ini sedang terjadi di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

“Bank berbasis teknologi seperti Bank Jago akan memperkuat ekosistem Gojek sekaligus akan membuka akses yang lebih luas kepada layanan perbankan digital bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi kedua perusahaan untuk mendorong percepatan inklusi keuangan di Indonesia,” tutur Andre Soelistyo, yang kini menjadi CEO Grup GoTo. Sebelumnya, sayap bisnis Gojek, yakni PT Dompet Karya Anak Bangsa, pada 18 Desember 2020 membeli saham PT Bank Jago Tbk. Kala itu, para pengamat memprediksi kehadiran GoPay di Bank Jago ini untuk memperkuat ekosistem perbankan digital dan mengintegrasikannya dengan layanan lainnya di Gojek. Investasi Gojek di Bank Jago merupakan bagian dari strategi bisnis jangka panjang yang akan memperkuat pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Gojek ke depan.

Sebaiknya semua hal yang ingin Anda lakukan, dikomunikasikan terlebih dahulu ke seluruh karyawan Anda. Untuk koleksi Idul Fitri yang sudah dirilis, alhamdulillah habis semua walau memang saya bikin stok tidak banyak. Ada beberapa koleksi Idul Fitri yang masih saya tahan karena situasi pandemi ini. Itu karena tipecustomersaya apabila saya rilis produk lalu kurang laku, akhirnya saya harus memberi diskon.Customerminta koleksi terbaru terus. Lalu, supaya penjualan tetap terkejar, kami juga menempuh inovasi produk yang cocok dikonsumsi saat wabah seperti ini dengan merilis jenis produk baru seperti cireng sambal nanas. Seperti kami yang tadinya hanya bergerak difashion, jadi melebar ke buku dan mainan.

Yang terbaru, Executive Chairman Grup MNC, Hary Tanoesoedibjo, segera mengakselerasi operasional Motion Digital, aplikasi financial institution digital. Motion Digital dirancang sebagai ekosistem keuangan terintegrasi yang memiliki layanan uang elektronik (e-money), virtual bank card, dan pembiayaan channeling melalui skema P2P lending. Indra menilai inisiasi kerjasama dengan platform fintech lending yang dilakukan sejak tahun 2020 menunjukkan hasil yang positif. Karena itu, BRI Agro pada 2021 ini memperluas jangkauan kerjasama dengan beberapa fintech lainnya, termasuk Modalku. Menurutnya, lanskap kompetisi industri keuangan telah berubah, khususnya di industri layanan keuangan dan perbankan, karena kehadiran fintech dan bank digital. Sejalan dengan transformasi sebagai bank digital, BNC merekrut talenta terbaik yang berpengalaman di dunia digital dan perbankan, serta mengembangkan budaya kerja neo tradition untuk memacu budaya kerja kolaboratif yang nyaman.

Karena itu perlu strategi pemasaran yang dapat dilakukan pada masa pandemi Covid- 19 dan faktor pendukung dalam berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemi Covid-19. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan library analysis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penyusunan strategi pemasaran dalam berwirausaha pada sektor ekonomi kreatif dapat direncanakan melalui STP untuk menarik konsumen. Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan konsumen kopi terbesar di dunia. Hal ini terjadi karena bagi masyarakat Indonesia minum kopi merupakan salah satu tradisi untuk merayakan nilai kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan.