Menu Close

Ideas Mendirikan Usaha Jual Beli Mobil Bekas

Apabila mobil tidak laku dijual, pemilik bisnis harus mempersiapkan uang lebih untuk merawat mobil agar tetap dalam kondisi prima. Cara mencari mobil atau motor yang dilakukan Thoriq kebanyakan dari luar kotadari luar kota. Biasanya konsumen tidak mau mencari mobil atau motor dengan plat luar kota, apalagi luar pulau. Kita bisa cari teman yang tinggalnya sama dengan pelat motor / mobil tersebut. Setelah motor ia perbaiki dengan biaya 300 ribu, ia menjual motor tersebut dengan harga three juta. Kemudian selang beberapa waktu, ia melihat mertuanya berjualan mobil di kota tempat tinggalnya, Ponorogo.

Jangan malu untuk tawar-menawar karena sangat mungkin bahwa calon pembeli Anda akan ingin menegosiasikan harga yang mereka bayar juga. Jadi, tetapkan jumlah harga minimal untuk setiap kendaraan berdasrkan kondisinya. Mulai dari STNK dan BPKP semua lengkap, sehingga memperlihatkan jika kendaraan tersebut memiliki status yang authorized. Selain meningkatkan kepercayaan konsumen, tentu saja akan membuat nama baik showroom Anda terjaga. Jika perlu, pilihlah di dekat jalan raya, sehingga mudah dilihat oleh orang-orang. Pemilihan lokasi yang strategis akan sangat memengaruhi minat seseorang.

Bisnis usaha jual beli mobil

Situasi penuh ketidakpastian yang disebabkan Covid-19 justru menciptakan lonjakan jual beli mobil bekas. Sebenarnya lanjut Andi, kebijakan pajak 0% pada mobil baru ini menjadi dilematis. Karena di sisi lain untuk menarik minat masyarakat untuk mendorong konsumsi, di lain pihak para pengusaha jual beli mobil second terkena imbasnya. JAKARTA – Pajak 0% akan membuat harga mobil baru akan lebih murah 50% dari sekarang. Hal ini nantinya akan membuat pengusaha atau pebisnis jual beli mobil second akan terkena imbasnya. Faktor yang pertama yaitu masyarakat di Indonesia memiliki kecenderungan mengikuti mode terbaru dan mudah bosan.

Dan kebanyakan para pembeli mobil membeli dengan cara utang kredit mengandalkan jaminan gaji dan usaha. Kelemahannya kredit mobil membuat harga mobil lebih mahal ketimbang membeli mobil dengan cara money. Namun jika kredit mobil maka cicilan bulanan sangat ringan sampai lunas. Kalau Anda merasa setidaknya memiliki modal di atas 500 juta, dengan kemampuan dalam memahami otomotif yang cukup, ide usaha showroom jual beli mobil bekas murah ini bisa menjadi ide potensial untuk Anda. Bukan cuma peluang pasar dan keuntungan yang masih terbuka lebar dalam bisnis jual beli mobil bekas.

Tidak semua calon konsumen potensial memiliki waktu untuk mencari website Anda, bahkan mungkin tidak mau susah-susah mencari. Ketika website Anda diingat pertama kali, maka mereka akan mencari cara untuk dapat mengakses web site Anda dan jika beruntung, terjadilah transaksi. Sementara penawaran harga yang banyak diminta bisa di bawah standar. “Kalau sekarang menggunakan harga corona menjual kendaraan, pasti harganya anjlok dan habis dong modalnya,” imbuhnya. Pasar mobil bekas di lapangan saat ini mengalami penurunan yang drastis atau penjual menyebutnya mati suri sejak mewabahnya pandemi covid-19.

Terlebih jika mobil yang dijual merupakan mobil kelas menengah atau kelas atas yang harganya ratusan juta rupiah. Otomotif tampaknya menjadi salah satu sektor usaha yang terkena dampak cukup signifikan dari penyebaran virus corona. Ini terlihat dari kinerja penjualan di beberapa showroom jual beli mobil bekas di Kota Tepian yang turun hingga 99 persen. “Selama pandemi Covid-19, Carrosendiri telah mengalami lonjakan jual beli mobil bekas bersertifikat yang dapat diuji coba dari rumah dan dibeli secara online,” ujar Aditya. Meski begitu, memasarkan mobil bekas atau seken tentu tidak semudah membalik telapak tangan.

Sebelum menjual mobil-mobil tersebut, akan lebih baik jika Anda memperbaiki serta mempercantik tampilan mobil agar terlihat seperti baru. Hal ini dapat menarik minat konsumen sekaligus membuat harga jual mobil naik. Hal ini dikarenakan konsumen seringkali melihat tahun pembuatan mobil sebagai pertimbangan dalam membeli mobil bekas.