Menu Close

5 Cara Bisnis Fashion Bertahan Selama Pandemi

Keistimewaan dari program ini adalah tim periset yang merupakan akademisi dari pendidikan tinggi vokasi dan mahasiswa harus bekerja secara kolaboratif, integratif, dan multidisiplin. Sehingga nantinya yang terlibat adalah insan vokasi dari lintas prodi dengan tujuan untuk menjawab tantangan DUDI, UMKM, serta masyarakat. Dengan demikian, antara vokasi dengan UMKM akan menjadi mitra yang mencari solusi bersama-sama. Program ini, kata Heddy, bertujuan menciptakan riset terapan yang berbasis pada demand driven atau persoalan rill yang dihadapi langsung, baik oleh dunia usaha dan dunia industri maupun masyarakat. Pelatihan dan pendampingan itu juga diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar melalui tranfromasi bisnis on-line yang disertai dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pasalnya, mekanisme work from home membuat para penghuni kos pulang ke kampung halaman. Bahwa seriusnya situasi Covid-19 mengakibatkan perlu adanya hak khusus yang diberikan dalam perjanjian joint venture sebagai dasar terjadinya perusahaan patungan. Salah satu termination right yang sering digunakan adalah klausul drive majeure. Force majeure adalah klausul yang secara tegas menyebutkan peristiwa-peristiwa tertentu dapat dikecualikan dari pelaksanaan kewajiban kontrak dan merupakan cerminan dari perkiraan risiko yang disepakati antara pihak-pihak yang berkontrak.

Heddy Agah, Tim Riset Keilmuan Terapan Kemdikbudristek, mengatakan, pendidikan vokasi itu sangat membutuhkan tempat untuk pelatihan, dan mau tidak mau harus bekerja sama dengan UMKM serta pelaku industri skala besar atau kecil. Ia menilai, pada masa sekarang, sudah selayaknya bisnis mulai bertransformasi dengan memperhatikan peluang. Salah satunya dengan memanfaakan teknologi untuk mempertahankan pasar dan membidik goal pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, Anda harus tetap menjalankan bisnis dengan cara-cara yang baik sekalipun pelanggan Anda berasal dari sebuah kota kecil yang terpencil dan bahkan tidak tersebut dalam peta. Jika Anda bisa memberikan pelayanan dan menghormati mereka dengan sangat baik maka bisnis Anda pun bisa dianggap menjadi bagian dari kehidupan masyarakat setempat. Orang yang melakukan bisnis bisa disebut sebagai pengusaha ataupun pebisnis.

Komunikasikan dengan baik kepada para pegawai yang dimiliki jika memang usahamu sedang mengalami kesulitan dan tidak dapat membayar pegawai sesuai dengan nominal yang bisanya dibayarkan. Pastikan seluruh orang yang terlibat mengetahui kondisi usahamu yang sebenarnya untuk saling bekerjasama menghadapi kesulitan ini. Jangan ragu untuk mendiskusikan sistem pembayaran kepada para pegawai maupun keinginan untuk merubah sistem kerja. Untuk tetap mempertahankan bisnis-bisnis sekaligus para karyawannya, Raffi bahkan menggunakan tabungan pribadinya untuk mempertahankan karyawannya. Poin pentingnya adalah Raffi berani menggunakan uang pribadinya untuk mempertahankan tim yang telah solid bersama di bisnis-bisnisnya.

Jadi secara tidak langsung, langkah digital memang menjadi suatu keniscayaan. Salah satu dari 3 perusahaan konsultan terbesar di dunia, Brain & Company, menemukan dalam sebuah penelitian bahwa jika reterensi pelanggan ditingkatkan 5 persen, laba dapat meningkat dari 25 persen menjadi 25 persen. Tetaplah berjuang untuk mempertahankan bisnis yang Anda bangun dari nol. Di masa pandemi serba sulit ini Anda juga harus memikirkan apa yang lebih dibutuhkan oleh setiap orang. Mungkin saat ini orang-orang akan lebih mempertimbangkan jika membeli barang murah.

Salah satu hal penting yang perlu Anda periksa adalah kondisi likuiditas alias money readily available. Para pelaku UMK sekitar eighty three persen mengakui bahwa mereka merasakan dampak positif terhadap pemasaran online. Senada dengan itu, seventy nine persen pelaku UMB juga merasakan dampak positif dari pemasaran online. Setidaknya, four dari setiap 5 pelaku usaha mengaku cara online berpengaruh dalam penjualan produk mereka. Fakta lainnya juga menunjukan kalau 67% pelaku UMKM tidak mempunyai dana darurat, dan 75% tidak tahu bagaimana harus bersikap di masa sulit. Hanya 13% para pebisnis bisa mempunyai solusi untuk bisa mempertahankan bisnis yang dimiliki.

Mempertahakan bisnis disaat pandemi

Mempertahankan kualitas produk salah satunya adalah memastikan produk dikirim dalam keadaan baik ke tangan konsumen. Melihat peluang ini, Asri bekerjasama dengan 300 mitra penjahit yang produktif memproduksi 3000 masker per hari selama pandemi. “Meskipun kami bukan produsen masker, kami coba untuk fleksibel dengan kebutuhan masyarakat sekarang,” ujar Asri. Menurut Entrepreneur.com, dalam surveinya perusahaan e-commerce berbasis Fahsion, menghasilkan tanggapan yang memuaskan dengan menawarkan pengiriman gratis Bola Online dan diskon di saat krisis ini.

Layanan Sisternet dapat digunakan untuk mencari, berbagi informasi, berinteraksi dengan orang lain atau membuat konten baru. Saat Pengguna berbagi informasi dengan Sisternet, misalnya dengan membuat Akun Sisternet, Sisternet akan menelusurinya dan memilah apa yang bermanfaat bagi Pengguna dan untuk berbagi kepada orang lain. Semua aktivitas Sisternet bertujuan untuk memudahkan interaksi Pengguna, sesama Pengguna dan publik yang tertarik dengan Sisternet.

Sedikitnya three kecamatan terdampak disini, yakni Monta, Woha, dan Bolo,”kata Hidayat. Selanjutnya, Tim melakukan kegiatan LDP bersama 170 anak yang berada di sekitar posko bantuan bencana berusia Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Emosi anak saat ini berkurang dan yang mereka rasakan saat ini adalah senang. Hal tersebut dikarenakan anak merasa mendapatkan dukungan dari lingkungan seperti keluarga dan teman.